maPANDAyan 30-31 Maret 2013 (catper Gunung Papandayan)

"Orang bilang, kenikmatan perjalanan berbanding terbalik dengan kecepatan berjalan. Pemandangan terindah justru terlihat ketika melambatkan langkah, berhenti sejenak"  -Agustinus Wibowo, Titik Nol, Hal. 315.


malam ini setaun yang lalu, di kamar kosanku yang super sempit (bahkan ibu bilang kamarku seukuran mobil inova), ada satu homo sapiens lain selain aku yang makin bikin kamar jadi sempit *kikikik. Langsung saja kita perkenalkan, namanya Anika Milsusanika. Biasa dipanggil nika atau  niknok, atau  “neng” ama  si mas.. *loh kok *kikikik.

buat apa sih dia bikin kamar tambah sempit? Buat jalan-jalan besoknyaa! Jalan jalan kemanahe kitahe?

Hmmm.. terus ikuti kegiatan kami ya! *ala-ala artis *ala-ala bum-bum

***
30 Maret 2013

Waktu menunjukkan pukul 06.30 wib dan bospan (bos panda= Cahyo) sudah menghubungi terus menerus menanyakan kesiapan kami (aku dan nika). kami langsung agak panik karena masih nonton inpoteinment tentang jupe di pagi hari buta.. Aku masih belom kelar pekingnya, nika juga masih mau ke goa (kosannya di ciseke) buat ambil beberapa barang. Lalu kami bergerak cepat tapi slowmotion *piye? Karena takut bospan akan murka. Oke nika resmi meninggalkan kosanku, dan aku harus berjuang sendirian menghadapi sidang pleno saturnus karena bospan dan ach-ach akan segera datang ke kosanku.
Sedangkan aku..aku..aku..belom siap T.T

Tapi kenyataan harus dihadepin men! Kita harus percaya kenyataan inilah yang terbaik buat kita *ngemeng epe se?

Bospan dan Ach-ach agak-agak kuciwa keknya pas dateng dan mendapatiku yang masih setengah mateng.. aku juga nambahin kemurkaan dengan minta kumpulnya jangan di kosanku tapi di Warung Gemboel aja di ciseke biar di tengah-tengah, si Nika gausa kejauhan buat nyusul kami (padahal modus biar bissa makan kekekek). Yauda akhirnya aku langsung mendadak siap dan bareng bospan dan ach-ach menuju Warung Gembul. Di sana, tasku dan nika dibongkar abis-abisan sama Bospan dan dipeking ulang biar lebih muat banyak. Pokoknya jos gandos banget!

jeng jeng inilah alat tempur kami!

Sarapan di Gembul sebelom berangkat

mejeng jajaka





niknok dan aku


Setelah peking beres, kami sarapan, ngemeng-ngemeng sejenak, dan ambil mobil! Waktu menunjukkan pukul 09.00 wib dan kami baru capcus dari warung gembul.  Mampir ke Griya buat beli nugget dan telor lalu lanjut perjalanan ke arah selatan.

Menuju Garut :D

Perjalanan dari Jatinangor sampai ke Camp David (beskem Gunung Papandayan) memakan waktu sekitar 3-4 jam. kami melalui 3-4 jam itu dalam keadaan langit yang gelap mendung.. bau-bau mau ujan banget..

Aku duduk di samping pak kusir.. liat langitnya gelap!


Nika pokus nyupir sebelum tragedi offroad

perjalanan lancarr walaupun langit semakin gelap dan hujan mulai membasahi bumi.. dari yang gerimis geli-geli sampe yang hujan deres dilalui Nika dengan lumayan gagah berani. sampai akhirnya kesetiaan Niknok diuji di jalur Cisurupan yang off road gilak ples hujan pulak. Bospan mengambil alih setir dan dibantu dorong mobil sama warga yang lewat situ juga, akhirnya kami berhasil melalui jalur off road menanjak itu. alhamdulillah!


dibantu warga yang lewat *aku malah poto2 *gpp buat dokumentasi
setelah melewati jalur terjal, hujan tak kunjung reda

Mengurus perizinan di Camp David

cap to the cus!


Pukul 13.00 wib kami sampai di Camp David dan bersegera sholat serta mengurus izin perjalanan  dan  penitipan kendaraan selama  pendakian Gunung Papandayan. Ternyata ngurusnya gampil, bayarnya juga suka rela jadi cepet kelarnya..

Pukul 14.00 wib kami sudah mulai mendaki. Jalur pertama yang dilewati adalah kawah. Papandayan itu unik karena kawahnya ada di tengah, bukan di puncak. Jadi sepanjang awal perjalanan  kami diiringi dengan aroma belerang. 1 jam perjalanan aku si pendaki pemula ini udah ngos-ngosan karena kurang latihan fisik, jasmani, rohani.. akhirnya terpaksa istirahat sejenak dan meminta bantuan bospan untuk membawakan tas selama beberapa menit sembari Ach-ach mengambil beberapa poto kami di jalur ini.. oia di jalur ini kami selain berpapasan dengan pednaki lain dan saling menyemangati, kami juga berpapasan terus dengan para pengendara motor trail.. gaul gilak.



 setelah jalur kawah ini kami akhirnya disuguhi pemandangan ijo-ijo dari Gunung Papandayan.. jalurnya bervariasi.. banyak datarnya enakkk hehe.. ngelewatin sungai-sungai juga.. dan yang penting bonus pemandangannya :D












Si Jagoan neon akhirnya capek jugak
setelah 4 jam perjalanan, kami tiba di Pondok Salada, tempat apakah itu? pasar malem! iyaaa mirip pasar malem banget karena super rame tenda warna warni lucu banget.. hihi long wiken sih ya..




sesampainya di Pondok Salada, Bospan dan Ach-ach langsung survey tempat yang cucok buat mendirikan tenda. Sedangkan, aku dan Nika tak berguna di pojokan dititahkan untuk ngisi persediaan air untuk minum dan lalala.. sekembalinya dari isi air, kami langsung bantu-bantu peresmian tenda. hari mulai gelap, hampir magrib!







Tenda sudah terpasang, barang-barang dimasukkan ke dalam, pasang matras, pasang slipingbek.. dan sok sibuk di dalam tenda. kesibukan setelah sok sibuk adalah sholat dan masak makan malam. aku inget banget waktu itu lapernya laper bangeeeeeet..

akhirnya pembagian tugas, aku potong-potong sayur, yang lain juga kedapetan jatah ngerjain sesuatu juga.. tapi aku lupa tepatnya apa masing-masing. yang jelas bospan ini yang paling multitalenta di antara kami, serba bisa gitu, cepat dan lugas pokoknya.. cem agnes monica getoh.




ini dia penampakan menu makan malam kami yang dibuat dengan segenap perut yang keroncongan. nasi + sop + kentang mustopa! langsung leeeeeeeeeep! dan ternyata nasinya kebanyakan.. kami simpan untuk bekal perut esok hari. setelah ini kami sholat dan bobooo.. teparisme karena kecapean dan di luar hujaaan. suhu malem itu bikin gigi kami berisik banget.. ya gitu deh menggigil.. tapi bobonya tetep enak bangetss 

selama bobo di dalem tenda, aku beberapa kali bangun dan mendapati bahwa suasana di luar tampak rameee.. ada yang gitaran ada yang ketawa ngakak membahana, pokoknya macem-macem kedengeran.. tapi terus bobo lagi sih.. hehehe

pagi harinya kami bangun jam 5 untuk melaksanakan sholat Subuh berjamaah. gigi klotak klatik lebih dasyat dari semalem.. hahaha dingiiin pooooooool!!

udara pagi di Gunung sedasyat ini ternyataa..dingiiin..seger tapi yang paling aku sayangkan dari segalanya adaalah banyaknya pendaki yang ngerokok. kenapa ya buat mencemari lingkungan aja harus jauh-jauh ke Gunung, apa udah keabisan lahan udara di Kota ya? huft. aku tau sih ngerokok itu alasannya buat menghangatkan diri dan biar ga laper2 amat yak. tapi gimana ya, kalo buat orang-orang cem aku yang sangat merindukan udara super seger tapi malah dikasi asap rokok juga di atas Gunung. rasannya kok agak kesel. bisa kok tetep hangat walaupun ngga ngerokok! kalian harus berusaha! demi alam yang kita cintai!

setelah langit agak terang, Bospan langsung tea time dan bersiap untuk osreng sarapan buat kami. dasyat memang bospan ini!






selagi bospan masak, kami dengan durhakanya malah poto-poto.. di semak pula.. apa gak bahaya tuh ada ranjau? ya sudahlah.. sesama penanam ranjau ini.. damai dong woi *ini apa sih?

oia selama poto-poto dan ngejemur tas serta cover bag, ada pendaki lain yang mupeng poto ama si niknok.. hihi, ini nih wujudnya:
ahoy syalalala!
pokoknya agenda pagi ini dibatasi sampai pukul 8 pagi, karena kami harus segera turun ke bumi.. jadi perjalanan hanya sampai kemping di Pondok Salada, ga naik ke Tegal Alun.tapii.. konon katanya jaraknya hanya tinggal 2 jam dari Pondok Salada. kami ga naik, bospan nawarin sih biar doi yang jaga warung. tapi ga tega ga sih? 

akhirnya pagi itu dijalani dengan sarapan dan bersiap-siap pulang.. 

walaupun cuma kemping dan belom biasa naik gunung dan letoy..tapi bahagia bangetss bisa sampai sana. makanan walaupun ga mateng, tapi tetep uenaak.. tidur walaupun lembab basah, tapi tetep nyenyaakk. terlalu banyak tetep-tetep yang lain. oia aku pagi ini merasa sangat fit, jadi aku akan mengambil alih kemudi untuk perjalanan pulang! *kecuali jalur seram Cisurupan *kenapa aku selalu takut nulis Cisurupan *mirip kata-kata sesuatu gak sih?

siap-siap pulangnya baru kelar jam 9an, akhirnya kami meluncuuuuur ke bawah.. perjalanan super santai. Ach-ach dan nika heroik banget ambil jalur yang ga seharusnya.. punggungan yang bekas longsor. keren banget mereka kan ya? memang dalam pendakian ini yang gak keren cuma aku. makanya aku berusaha keren dengan ambil alih setir pulang. kekekekek. aku memang cerdas.

jam 11 kami sudah sampai di Camp David, ketemu sama teteh dan Aa pasangan muda gitu. tetehnya lagi hamil.. mereka ngecamp di Camp David karena si teteh ini lagi pengen naik Gunung.. sebelumnya udah pernah naik Papandayan by motor trail dan ternyata itu dalam kondisi si teteh lagi hamil dan gatau kalo hamil. jadilah pas turun gunung mereka kehilangan si calon bayi. semoga yang kali ini selamat sampai tujuan dan harusnya sekarang sudah lahir dan lagi lucu-lucunya bayinyaaa.. aamiin!  :D


berikutnya setelah turun dari beskem, kami gugling tempat kuliner Garut dulu sebelum capcus ke Nangor.. dapetlah sebuah tempat makan yang gaya-gayanya hampir mirip Asep Stroberi tapi lebih mini dan lebih kota.. inilah hasil guglingan kamii.. Pujasega!

 

makanannya sebenenernya standar, tapi buat orang yang turun gunung, makanannya itu super uweeenaaak!! dan seperti biasa, rumput tetangga selalu lebih biru, si niknok iri makanan bospan, dan begitupula sebaliknya. mereka memang saling mengisi kalo soal makanan. bospan banyak terinspirasi dari Niknok, dan niknok pun begitu.. ah dunia makanan memang rumit (buat mereka).

selesai makan kami capcus ke Jatinangor ngembaliin mobil dan beraktipitas seperti sedia kala.. aku bersama kamar inovaku beres-beres buat pindahan ke Semarang, Ach-ach ke Jakarta, Bospan bersama sekeripik, dan tentunya kehidupan perburuhan Niknok!

setahun yang lalu aku bahagia sekali bersama kaliaaan.. ayooo ma-panda-yan jalan-jalan lagiii ke Semeru ato ke Rinjani ato Sikunirr..!

oia sebelumnya, terimikisi banyak untuk bospan yang sudah menjadi produser sekaligus sutradara dalam perjalanan ini dan tentunya saudara Ach-ach yang mengabadikan perjalanan kami (sekaligus kebegoanku) dalam sebuah video yang diunggah ke Youtube setahun yang lalu.. tidak seperti catatan ini yang baru diunggah setelah semua sudah berlalu sangat lamaaa..hihi maap ya.

dan begitulah perjalanan meski cuma sebentar dan gak mencapai apa yang dibilang orang adalah seharusnya dari akhir perjalanan dari pendakian gunung, tapi bagiku semua paket dari persiapan sampai naik dan turunnya lagi adalah sebuah wisata tersendiri. persiapan yang bikin deg-degan dan bikin hepi, perjalanan yang diliputi perasaan senang.. semuanya adalah tujuan dari berwisata. sampai ketemu dalam catatan kebahagiaan lainnya!

untuk maPANDAyan aku kangeeen! salam jalan-jalan dari aku!


*sebelumnya kisah yang sama telah dituturkan Ach-ach dengan sangat baik di blognya:
http://achyar89.wordpress.com/2013/04/17/catatan-perjalanan-menikmati-kemewahan-di-gunung-papandayan/

*dan juga diupload d youtube.. *tapi jangan ditonton ini aku keliatan banget begonya..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trying To Conceive (TTC) Journey ; Hai Polyps!

Menjadi aku

Vacation ; Well spent