SATU LAGI!

Tempat tinggal itu cocok2an,cem jodoh gitu, kenalannya gak cuma di awal, tapi sepanjang perjalanan bersama. Hihihi. sama kek kehidupan per-tempat-tinggal-anku alias perkosanku.. dalam kurun waktu 14 bulan, aku empat kali pindah kosan.

Alhamdulillah, kosan yang sekarang meski gak semewah sebelum-sebelumnya, tapi paket hemat lengkap! Kamar sebesar 3 x 4, tanpa kamar mandi dalam, dengan jendela depan menghadap ke ruangan tengah kosan, plus lemari, meja belajar dan kasurnya, aku sewa kos dengan harga 475rb sebulan. Karena jarak ke kampus butuh pake angkot, PP lima ribu rupiah, maka kita kasarkan aja tiap hari ngangkot PP, 150rb sebulan. Totalisme sebulan untuk perkosan dan transport 625rb!

Sejak Juni 2014 aku di sini, tapi resmi ditempatin baru 2 bulan terakhir.. dan selama itu minta dikasi alasan untuk tetap di sini, dan alhamdulillah selalu ada “satu lagi” alasan untuk tetap di sini. Setelah sebelumnya, alasan terkuat kenapa milih disini adalah alasan harga. Hehehe. Ini termasuk sangat terjangkau, apalagi dibanding 3 kosanku sebelumnya. Masalah fasilitas emang pasti beda, yang paling signifikan adalah AC dan kamar mandi dalam.

Hehe, kosan sebelum yang ini juga di Rawasari, cuma beda sekitar 4 rumah dari kosan yang sekarang, pake AC 900rb per bulan, belom ditambah listrik ini itu, yah mentok jadi 1juta lah. kosannya nyaman banget, kamar super gede, kasur juga ukuran queen, tapi Mei kemarin memutuskan pindah karena harga kosan bulan Juni dinaikin 100rb.. dengan tidak ditambah fasilitas apapun. Nambah bersih juga engga. Dan satu lagi, gak bebas buka kerudung hehe, karena bentuk fisik kosan yang langsung ngadep luar dan…sebelah kamar ada 1 keluarga yg ngekos, yang mana kepala keluarganya adalah seorang lelaki. Jadi makin gak bebas bergerak. Hehe..di sini aku bertahan dari november 2013 sampai Mei 2014.. lama juga yak.. 7 bulan!

Sebelumnya lagi, kosan pak Bambang di Salemba Tengah VI, seharga 950rb per bulan tanpa AC, tapi ada kamar mandi dalem. Yang bikin aku kuat banget untuk pindah adalah alasan ditariknya uang buat orang yg nginep tu sehari 75rb. Kakakku nginep 2 hari udah 150rb.. keringlah pundi-pundi atmku.. jadi demi kemaslahatan umat aku pindah. Diiringi ketidak relaa-an si mbok.. Cuma bertahan 2 bulan di sana, tapi sudah banyak banget interaksi dengan mbok, asisten rumah tangga pak Bambang.

Eh baru 3 kosan loh? Satu lagi? satu lagi kosan super drama di Paseban Kramat Sawah.. Cuma semalem di sana trus capcus. Yaaa gimana enggak… udah mah gak dikasi kunci kamar, terus kamar digedor cowo mabok bawa cewe.. belom lagi bayar kosannya ribet karena punya kakak-adek, jadi mereka rebutan duit. Super dramaaa..jadi weh langsung pindah ke kosan pak Bambang, karena mefet deadlineee..udah masuk kuliaah!

Kosan yang sekarang, istilahnya super turun kasta dibanding sebelumnya. Ini karena aku ga kuat denger keluhan soal duit dari bapak dan ibu. hampir tiap kesempatan keduanya ngeluh tentang biaya. Walaupun sebenarnya aku yakin, bapak dan ibu masih sangat mampu. Tapi sudahlah, aku ngga mau jadi beban. Mungkin aku memang belum bisa mandiri secara finansial, tapi setidaknya aku bisa mengurangi budget mereka untukku. Alasan yang sama juga aku rasakan waktu kuliah di Jatinangor, pusing denger debat soal biaya ini itu, akhirnya di tahun terakhir, aku ngekos di kosan super minimalis, tapi tetap bersih dan lingkungan segar.. berapa coba? 3 juta setahun! Dan dari kosan tigajutasetahun inilah,aku belajar banyaak banget. tentang standar nyaman yang bisa kita buat senyaman mungkin :D sebelumnya memang udah deal-deal-an sama bapak ibu,karena di Jakarta beda sama Jatinangor, jadi masalah kosan, berapapun biayanya gak masalah. Tapi seiring berjalannya waktu, semakin bertambahnya usia, makin gaenak.. udah mah gak dapet beasiswa, ditanggung mandiri.. di usia yang seharusnya sudah bisa menanggung biaya finansial sendiri.. duh kacau balau perasaannya.. tapi sabar aja dulu yak Nurida!

Ingat.. kata Pak Paulo Coelho di buku Manuskrip yang ditemukan di Accra, halaman 139.. “Hormatilah saat-saat jeda antara menanam dan memanen..”

Ah ya, aku harus menghormati dengan bersabar bersama proses-proses yang terjadi :D

Laluuu.. Kenapa aku nulis ini? karena bertambahnya alasan “SATU LAGI”! aku hebring banget nemu lapangan olahraga, sekitar 500 meter dari kosan. Meski jaraknya ga jauh, tapi karena tempatnya gak biasa aku lewatin, jadi gak tau.. daaaan pas nemu langsung lari keliling lapangan 3x nonstop sambil cengar cengir.

Allah ini Maha Tau banget.. semalem aku habis bikin target harian yang harus dicapai biar hidup makin terarah dan tertata.. ada target ruhiyah dan target dunia.. hehe dari yang beberapa ibadah sunnah, target baca buku atau nonton film (untuk wawasan), target kerjain tesis (harus ada progress setiap hari), dan target buat fisik, olahraga! Gak banyak, Cuma 6 poin, yang masing-masing aku kasih nilai 10 kalo kholas semua. Kemarin aku Cuma dapet 40 poin karena gak olahraga dan tahajud hihi.. hari ini harus lebih baik!!! Paling tidak sampai pagi ini, sudah 20 poin aku kantongin. Hehe. kejadian gak sengaja tadi pagi yang berakhir nunjukkin aku ke lapangan olahraga itu salah satu yang aku husnuuzonin, kalo ini cara Allah ngasi kemudahan buat aku selesaiin target-target harianku!


Target ini dievaluasi pribadi.. dan dikasi reward punishment oleh pribadi jugak.. semoga bisa ngejaga aku yang sempet ga terarah dan teratur ini. Allah, kalo aku datang kepadaMu dengan berjalan, Kau pasti datang padaku sambil berlari kan? Terima kasiiih buat kemudahan-kemudahan menujuMu, pagi ini rasanya penuh lope lope ke Allah.. semoga makin baik, terus habis itu istiqomah.. aamiin!  

Komentar

  1. Ah kenapa aku suka sekali blogmu hah???! tolong jelaskan secara ilmiah! ><

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trying To Conceive (TTC) Journey ; Hai Polyps!

Menjadi aku

Membawa Pertanyaan-pertanyaan yang tak memiliki jawaban