3 hari untuk selamanya :D

FUUUUUHHH... *niup debu

kekekekek udah berdebu banget ya blog! hehe maap udah lama banget ditinggalin, tapi percayalah udah buanyak banget yang mampet pengen diceritain!

apdet kabar dulu kali ya? gimana kabarmu blog? banyak yang bertanya ttg postingan kemarin berjudul Retak.. jadi banyak yang ngira aku lg depresion.. kekekek.. padahal lg ngikik-ngikik sama cipapa wekk..  hihi. oke gantian aku yang apdet kabar ya blog! alhamdulillah kabarku baik.. sejak malam tahun baru aku udah di kampung halamanku, Semarang. udah nyupir kemana-mana.. tiap hari bantu-bantu ibu.. ngemong cipapa..dll.. semua kegiatan yang aku tujukan sebagai sebermanfaat-bermanfaatnya anak di rumah. hihi semoga memang bs bermanfaat. oke lanjot!

kali ini tentang apa yok?

dari yang banyak pengen diceritain..akhirnya terpilihnya satu tema yang akan diangkat pada malam hari ini. beklah capcus!

ini sedikit curcol tentang 3 hari di 6tahun yang lalu.. tentang 3 hari.. untuk selama-lama-lama-lamanya!

***

aku masih ingat.
" 3 hari aja gapapa lah ya.. abis tu lepas lagi.. namanya belajar kan gpp lah ya..bertahap"
pernyataan ini terpatri di sanubariku kala itu. 
bermodal "3 hari aja" aku membeli beberapa helai kain untuk modal "3 hari" itu lalu belajar pada temanku untuk memasangkan kain itu pada letak yang sesuai untuk "3 hari".

aku masih ingat.
kainnya warna krem. eh rada coklat gitu sih, yang jelas warnanya muda. saat itu aku benar-benar awam bagaimana membentuknya jadi seperti yang lain gunakan. 

dan yah..aku masih ingat..
selepas 3 hari itu, tanpa modal banyak.. semua yang dimulai kala itu, masih berlangsung hingga saat ini dan insyaAllah untuk selamanya.

***
kalian taulah ya aku lagi ngomongin siapeu.. hehe.

alhamdulillah doi makin gede sekarang.. udah menginjak  usianya yang ke 6thn. iya alhamdulillah.. dari yang niat cuma untuk 3 hari jadi malah sampai sekarang.. berhijab. padahal awalnya hanya karena ikut kegiatan UKM Rohis Fikom saja, makanya aneh kalo yang laen pake jilbab aku ngga.. kekekekek.

semenjak pertama kali pakai hijab, orang yang baru kenal biasanya menilai aku adalah orang yang sudah alim dari sononya. padahal, baru di semester dua kuliah aku memakai "peralatan tempurku" ini. dan kalo saat itu ditanyain tentang agama pastilah aku super duper ZOONK.. 

ternyata sudah 6 tahun ya.. padahal di H-1 sebelum jadi awet sampai sekarang ini aku gak pernah berpikir untuk bener-bener make jilbab buat selamanya. aku selalu mikir, pake kerudung mah entar aja abis nikah.. ntar susah dapet kerja dan lalala lainnya.. menstrim banget pokoknya pikiranku waktu itu. hihi. kalo mo dicari-cari alasannya kenapa pake jilbab.. terus terang agak susah nemunya.

secara latar belakang.. keluargaku sama sekali bukan keluarga yang religius. ibuku mualaf.. bagiku bicara ttg ibu untuk berhijab rasanya masih terlalu muluk-muluk. hehe. meski keinginan untuk itu pasti ada, tapi ada keinginan yang jauh lebih aku inginkan. aku pengen sekali ibuku solat.
dulu Ibu sempat solat. dulu sekali saat aku masih SD.. meski solatnya bolong-bolong.. dan entah mulai kapan.. yang jelas udah lama sekali.. ibuku gak pernah solat lagi selain solat Idul Fitri, di umurnya yang akan menginjak 60thn di 2014 ini.. 
kakakku dua orang perempuan.. meski berkuliah di institusi islam, tapi jilbab hanya dikenakan saat kuliah saja.. selebihnya dilepas. tapi alhamdulillah kakak keduaku beberapa tahun ini sudah resmi pakai hijab dan rajiiin banget solatnya, bahkan ibadah sunnahnya..  dan satu lagi perempuan di keluargaku.. adikku satu-satunya.. alhamdulillah SD dan SMPnya kental dengan islam, tapi  ia belum menemukan bahwa islam menarik baginya..mungkin nanti ya, ibu,kakak pertama, dan adikku insyaAllah.. :D

bapakku.. adalah orang yang sangat suka hal-hal berbau keagamaan karena bapak suka menasehati.. hehe. bapak rajin solat.. dulu waktu kecil, waktu bapak masih sering pulang ke rumah, pasti kami solat magrib berjamaah sekeluarga. tapi aku juga sudah tidak ingat lagi kapan terakhir kali masa itu terjadi.. hehe sudah lama sekali. kadang aku kasian sama bapak, ada 5 perempuan yang ditanggung bapak.. 1 istri dan 4 anak perempuan.. untuk urusan ibadah, bapak gak pernah memaksa kami.. jadi ya begitu.. terserah kami.

aku sendiri menemukan jalanku untuk solat ketika aku dekat dengan eyangku yang sakit kanker. saat itu aku kelas 5 SD.. bapak ibu sibuk bekerja, aku di rumah bersama eyang yang rutin kemoterapi di hari-hari tertentu. eyangku, ibu dari ibuku, seorang mualaf pula.. terkena kanker saluran rahim. dan semenjak vonis itu dinyatakan, eyang resmi pindah ke Semarang, ke rumahku. jadi sahabatku. eyang akan menungguku pulang sekolah hanya untuk makan siang bersamaku. aku selalu ingat, tidak ada satu waktu solatpun yang eyang tinggalkan meski tubuhnya tak mampu lagi berdiri. eyang selalu solat. 


***

6tahun yang lalu..
kala itu aku buta tentang dalil berhijab. ah,jangankan ngomongin dalil.. jauh lah manusia satu ini dari cas cis cus tentang islam. yang aku tau.. aku butuh dekat dengan yang selalu menemaniku.

aku butuh dekat dengan Allah.

dan ketika aku memakai hijab 3 hari.. rasanya aku dekat sekali.. rasanya seperti sedang dipeluk. ah bagaimana ya menjelaskannya?

yang jelas, aku tau banget perasaan gak punya alasan untuk berhijab karena tiba-tiba pengen pake. tau banget. dan aku pengen bangeeeeeet sodara-sodaraku yang sekarang sedang menguatkan hatinya untuk berhijab gausa kuatir tentang hal-hal yang bakal membuat lepas hijab.. selow saja mamen..  berhijab bukan masalah mampu ato gak mampu.. tapi masalah mau atau gak mau. kalo udah mau.. lancar jaya lah segalanya~ insyaAllah. 

***

seiring perjalanan waktu.. meski iman tak selalu di atas.. aku punya motivasi besar yang membuatku harus terus bertahan.. 

yaitu tentang hadits yang menyatakan bahwa seorang ibu yang memiliki dua anak perempuan atau lebih dan anak perempuan itu solehah, maka surga akan dijamin untuk si ibu.

Allahurabbi. segala cara sudah aku usahakan.. ijinkan aku jadi tiket gratis ibuku menuju surgaMu kelak.

sudah 6 tahun.. meski aku belum solehah-solehah amat sekarang.. masih susah jaga lisan, masih compang camping ibadahnya.. masih banyak ngeluh tentang kewajiban terhadap terhadapMu.. 
bantu aku untuk istiqomah, Allah..bantu aku untuk istiqomah..  bantu aku Allah.. untuk terus mencintai Allah lebih dari apapun. untuk berbakti pada ibu dan bapakku hingga di alam akhirat yang insyaAllah itu Surga.

atas segala perasaan.. atas segala motivasi.. atas segala perintah kewajiban.. atas segala kebutuhan menutup aurat.. atas segala-galanya.. dari lubuk hatiku..alhamdulillah sudah disampaikan di tahun ke-6. dan insyaAllah tahun-tahun selanjutnya :D

"Lewat sudah.. tiga hari untuk s.e.l.a.m.a.n.y.a... dan kekal-lah.. detik-detik didalamnya.." -Float


Nurida Sari Dewi
Semarang, 19 Januari 2014

Komentar

  1. Alhamdulillaaaaah....udah kelas satu esde jilbabnyaa...:D teruuus sampai ke surgaaaa ya run, sampai ke tempat dimana boleh ngga pake jilbab lagi.hhe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trying To Conceive (TTC) Journey ; Hai Polyps!

Menjadi aku

Vacation ; Well spent