Catper Gunung Puntang yang super telat (terusan Desember Super!)

yang menyenangkan dalam sebuah perjalanan adalah menemukan diri kita sendiri; sebuah rumah yang sesungguhnya  -Windy AriestantyLife Traveler
oke lanjut lagi ya!

setelah solat subuh dan kesibukan pagi (ngolet2) lainnya.. kami menunggu rombongan genk Bandung dan Jatinangor yang udah janjian pagi ini di basecamp. tapi karena bingung nungguin d beskem mati gayak, akhirnya kami janjalan nek mobil ke situ Cileunca, sekitar 1 jam-an dari basecamp ke arah Pangalengan. ini nih penampakan Situ Cileunca:

Vitamin mata banget gak sih? bagus yak! ini dari Kamera Zahra!

ada perahu buat disewa muter-muter, tapi karena mahal, numpang poto aja. (masih dari kamera Zahra)

lagii donggg.. (masih dari kamera Zahra)

setelah puas lihat sana sini dan numpang pipis (gak di danaunya woi, di wese umums) akhirnya kami capcus cari makan ga jauh dari sana. makanan habis, hatipun kenyang, langsung lanjut balik ke basecamp Puntang lagii karena katanya tim bandung udah dateng, dan gajah makan kawat kalo bikin kelamaan nunggu. lalu wuuuzzz wuuzz ngebut menuju Puntang..bablas angineeee.

sesampainya di Basecamp, ternyata benar kloter bandung udah menunggu lama dan sempat keliling gua jepang. hihi padahal kita belom loh (tapi aku udah pernah sih). menurut jadwal, kami harusnya udah capcus ke Curug Siliwangi, yang katanya jaraknya 2km dari basecamp.. tapiii kami belom berangkat-berangkat.. kloter Jatinangor yang belom ketemu, karena sinyal udah mulai sulit kami pun kesulitan menghubungi mereka. nunggu dan nunggu tiada kabar, akhirnya gambling jalan. dan jeng jeng..ternyata genk nangor udah ada di dekat daerah menuju curug Siliwangi. oke mari berdoa dan lanjut perjalanan trekking ke Curug Siliwangi!

waw berada di ketinggian hampir se-Manglayang! (dari kamera Zahra)

Curug Siliwangi yang hampir kita pikir cuma hoax (dari kamera Achyar)

Makan Siang rendang super enak dari Ka Moa di sekitaran Curug (dari kamera Achyar)
wajah Nanang plis deh itu -,-

YAK AKHIRNYA KAMI SAMPAI! ini gilak banget gegara salah jalur jadi muter-muter melewati sungai-sungai pake tali webbing segalak.. tapi seruuuuuw banget! aku pikir cuma perjalanan kering, jadinya aku santai banget pake rok ama sendal jepit. ternyata oh ternyata.. ih tulung aja naaaaaaaah!!! ini seru banget! baru beberapa menit perjalanan aja sendal jepitku udah hanyut sebelah kena arus pas nyebrang sungai. karena tinggal sebelah doang, dan ragu-ragu mau balik ke beskem lagi walaupun udah jauh... hhh akhirnya daripada nyusain, aku berniat mau balik betulan.. tapi belom lagi niat itu tersampaikan, kepala perjalanan yang baik hati (ka Fadhli) meminjamkan sendal jepitnya. ini puncak keharuanku.. udah ga paham lagi baru beberapa menit perjalanan bikin susah orang.

in memoriam. sendal merah punyanya Ka Fadhli.
sendalku yang ungu, bagi yang menemukan pasangannya akan
dijadikan sua..*tiba2 radang tenggorokan*.
nah begitulah aku yang nyusain ini, ka Fadhli jadinya nyeker menuju Curug, padahal itu ya treknya ampuuun!!! ih pokoknya aku berazzam nanti kalo udh nyampe beskem mau beliin sendal jepit baru!!! pembicaraan tentang sandal bikin perasaan bersalahku muncul lagi, mari kita move on ke pembicaraan lain. dan yah begitulah Curug Siliwangi, seharusnya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam, tapi kami sangat amat lebih dari 2 jam. keknya 4 jam ada deh, aku lupa sih.. tapi karena apa coba? aku udah ngasitau belum sih di atas? lupaak. jadi kami salah jalurr. perjalanannya bikin putus asa karena ga ada tanda-tanda curug (bunyi aer dan sebagainya). baru setelah tanjakan ke sekian ada bunyi air.. hoaaa hebring banget bikin semangat nanjak!! dan akhirnya ketemu Curug yang tingggiiii banget itu! di sana kami poto-poto, makan siang, dan solat setelah itu turun lagi dengan jalur yang benar perjalanan pulang 2,5jam. Magrib kami tiba di beskeeem!
(dari kamera Ka Fadhli/ Iril)

dowew banget gak sih. beklah.. karena aku sepanjang malem nyetir, jadi baru bobo sekitar 1,5jam..  aku bertekad banget nyampe beskem selain beli sendal jepit aku juga harus banyak tidur dikarenakan pagi buta jam 2 menurut itenerary kami harus memulai perjalanan ke puncak gunung Puntang. dan benar saja, ga perlu bla bla.. setelah menyantap hidangan makan malam yang disajikan teman-teman ngeteng mania yang super baik, aku benar-benar tepar.. pas masih sadar aku ngeliat jam menunjukkan pukul 20.30 WIB. lalu..lalu.. zzzzz.

sekitar jam 3 pagi.. sayup-sayup terdengar dari luar suara orang bernyanyi lagu wanadri (pasti si Cahyo tuh).. dan beberapa orang mulai bangun. aku yang tadinya masih lengket banget tuh matanya perlahan membangkitkan diri untuk siap-siap.. gak bawa apa-apa sih cuma bawa air 600ml dua biji di kantong jaket. hehe maklum pendaki pemula, jadi belom hebat kek kakak-kakak ngeteng mania yang lain yang udh bawa beban cemacem, termasuk Cahyo yang bawa air 5 liter buat kebutuhan kelompok. aku buih di tengah ombak banget lah!

berdoa sebelum berangkats! (dari kamera Ka Fadhli)

akhirnya kami capcus pukul 03.30 wib. kami mendaki berdasarkan petunjuk tali rafia biru yang terpasang setiap kali ada jalan bercabang. aku sih karena tengah-tengah jadi ga berdasarkan tali rafia biru, tapi berdasarkan orang di depanku weheee.. kekekekek. ga lama setelah mendaki kami harus bersiap2 solat subuh bergantian karena lapaknya sempit. inni cukup bikin istitrahat agak lama. selanjutnya, setelah 2 jam perjalanan, kami terpisah dan terbagi menjadi tiga kelompok (klasifikasi menurutku), kelompok advance ada di depan, sedangkan Aku bersama mba ira, mba ika, zahra, dan andika ada di tengah terpisah lumayan jauh dari kelompok depan. selanjutnya ada tim sweeper terpisah cukup jauh dari kami, ada Dai, Andin, kak Fi, Achyar, Elak, Abah, dan Cahyo. tiga orang terakhir ini udah malang melintang di dunia pergunungan, jadi mereka santai bangats naik. apalagi si Cahyo tu, udah bawa beban, masih harus jalan lambat pulak.. adoh mamaaaaak.. Allah memang memberi yang sesuai kemampuan yak!

kalo menurutku hampir 80% berupa tanjakan yang sebagian besar bikin dengkul kena jidat.. kekekek. tapi seruuuu.. aku merasakan perubahan dari malam ke pagi di ketinggian.. merasakan matahari yang hangaaaaaat sekaliii.. dan tentu sajaaa bonusnya selama perjalanan Gunung Puntang ini banyak banget! bonus pemandangan! aku sukaaaa banget! bahkan kamera sehebat apapun gak akan bisa mengabadikan pemandangan sehebat yang Allah kasih liat saat itu!

(dari kamera Iril dan Andika)

aku udah agak lupa kapan sampai di tiap pos, tapi yang jelas setelah melewati pos Batu Kaca, perjalanan menurun dan mendatar, karena akan bertemu tanjakan super lagi di depan. hihihi. nanjaaaaak terus dan akhirnya sampai di pos 1 disambut temen2 tim advance pukul 08.30 wib. dari pos 1 puncaknya udah keliatan banget, tinggal jalan sekitar 10 menit. bendera di puncak melambai2 banget pengen didatengin tapi temen2 advance sudah menyiapkan makanan untuk kami. baik banget yak? Burger pulak.. tiap orang dapet jatah 2. waw..

setelah melepas lelah dan lapar, baru deh kami tim selain advance lanjut lagi ke puncak. baguuuuuuuus banget pemandangannya. Alhamdulillah.. alhamdulillah ga hujan, cuaca cerah sepanjang perjalanan dari curug kemarin sampai perjalanan ke puncak Mega. padahal Bandung lagi sering2nya ujan, sempet kuatir juga karena hari sebelumnya aku di Gunung Kareumbi LDKO BKI sempet ada hujannya. ah pokoknya super trimikasi Allah yang udah ngijinin aku berada di ketinggian 2223 mdpl yang karenanya aku ngerasa super kecil, lemah, dan ga punya daya apa-apa selain dariMu..

dan inilah pemandangan supeeeeeeeeer dupeeeer megaaa awesomeee tooo the maximum! Allah emang Maha Keren!

aku, Ella, Ach-ach, dan Abah
sepuas poto-poto di puncak, kami ke Pos 1 lagi dan bersiap pulaaaaaaaang!

resign dulu dari supir ngeteng dan nebeng tim nangor buat pulang. kekekek

perjalanan pulang kami tempuh hampir separo dari perjalanan mendaki. pas udah di daratan *emang tadi di laut* langsung aku dan teman-teman ngelahap gorengan ama teh manis anget di warung. luar biasaaaaaaaa perjalanannyaaa. pegeeeel tapi bahagia! hihi. setelah bersih-bersih seperlunya, kami memutuskan untuk segera pulang. aku pulang ke nangor bersama tim nangor dan Ka Fadhli yang gantiin aku nyupir rombonganku dari Jakarta kemarin.

Karena aku adalah pemula, jadi mungkin aku yang baru menangkap tentang ini dibanding yang lain yang udah banyak pengalaman. aku sangat takjub gimana cara mendaki bisa memperlihatkan sifat kita. benar-benar blak-blakan. daaaaaaan mungkin ini yang dibilang nagih, karena dari mendaki aku jadi kenal aku ini ternyata gini ya orangnya jadi pengen ngedakiii lagiii. selain kenal diri sendiri dan orang lain, juga jadi bisa mentreatment diri ketika dihadapkan tempaan-tempaan selama perjalanan. yang jelas terus berjalan dan tabah.. banyak filosofi hidup yang terkuak *cem silet* selama mendaki. kadang senyum-senyum sendiri di jalan, sembari bergumam kalo Allah ini super romantis. :D mungkin ini yang disebut Henry Miller, bahwasanya tempat tidak pernah menjadi tujuan akhir dari seseorang, tetapi tujuannya adalah suatu cara baru melihat banyak hal..

dan begitulah catper super telat ini.. hehe
Catper ini murni disponsori oleh tulisan catper2 lain dan perjalanan pribadi.. kenapa catper orang lain turut mendukung ditulisnya catper ini? karena sebelum berangkat aku belajar tentang puntang dari catper-catper orang lain. aku merasa berhutang budi kalo ga nulis juga. walaupun banyak cerita dan poto pribadi, tapi paling tidak bikin kalian pengen naik banget kan? harus bangeeeeeet! kalian bakal liat kalo Jawa Barat ini surganya ketinggian!

jangan lupa untuk terus olahragaaaa! itu penting bangeeeeeeet buat persiapan fisik *common sense banget yak* hehe..

beklah..yasudah kita akhiri dulu dengan yang baik. dengan apa itu? dengan salam dongss..