Kajian kantor

Kajian Rabu-an Kantor :D

Kisah Uwais Al- Qarny yang diceritakan Ust. Khalid Basalamah ba'da dhuhur di kantor tadi..

Uwais, seorang pemuda yang tidak dikenal bumi tapi terkenal di langit. Rasulullah Saw bercerita mengenai Uwais al-Qarni tanpa pernah melihatnya. Beliau Saw bersabda, “Dia seorang penduduk Yaman, daerah Qarn, dan dari kabilah Murad. Ayahnya telah meninggal. Dia hidup bersama ibunya dan dia berbakti kepadanya. Dia pernah terkena penyakit kusta. Dia berdoa kepada Allah Swt, lalu dia berdo’a kepada Allah Swt, lalu dia diberi kesembuhan, tetapi masih ada bekas sebesar dirham di kedua lengannya. Sungguh, dia adalah pemimpin para tabi’in.”

Rasulullah saw memandang kepada sayyidina Ali R.a dan sayyidina Umar R.a dan bersabda : “Suatu ketika, apabila kalian bertemu dengan dia, mintalah do’a dan istighfarnya, dia adalah penghuni langit dan bukan penghuni bumi."

nah loh.. Uwais misterius banget kan? udah mah bukan sahabat Rasul, belom pernah ketemu rasul, tapi Rasul berwasiat begitu.. dia bisa memintakan ampun untuk Umar dan Ali! apasih yang bikin dia seistimewa itu?

sejak Rasul berwasiat demikian, setiap musim haji Umar dan Ali mencari Uwais di kafilah Yaman, tapi hasilnya nihil, bahkan sampai Rasul meninggal, Abu bakar memimpin, tetap saja tidak ketemu. pencarian baru berakhir pada 23 Hijriah, di tahun terakhir Umar menjadi khalifah.. akhirnya Umar menemukan Uwais yang akan berangkat haji..

dari situlah ketahuan.. ternyata Uwais adalah pengembala kambing. dia termasuk orang yang hijrah sejak islam datang ke madinah. Laki-laki yang tidak terkenal ini hanya tinggal bersama ibunya yang sudah tua. semua tetangga Uwais pernah bertemu dengan Rasul dan setiap mendengar cerita tetangga-tetangganya, Uwais hanya bisa menyimpan kecemburuan entah kapan bisa bertemu Rasul. Kalau dia pergi ke Mekkah, maka ibunya akan sendirian di rumah, sedang banyak keperluan ibunya yang harus dikerjakan olehnya.

pernah satu kali Uwais meminta ijin ibunya untuk melakukan perjalanan ke Mekkah menemui Rasul, ibunya mengijinkan namun Uwais harus segera pulang setelah itu, wasiat ibunya. Uwais bergegas dengan semangat, sesampainya di rumah Rasul, ia hanya bertemu dengan Aisyah karena Rasul sedang berperang. akhirnya dia memutuskan untuk segera pulang sesuai pesan Ibunya. Uwais juga tak ditemukan di musim haji yang lalu-lalu, karena dia harus menjaga ibunya. Hingga saat ibunya meninggal, ia baru akan berangkat haji dan ditemukan oleh Umar.

apa amal istimewa Uwais sehingga bisa memohonkan ampun untuk orang semulia Umar Bin Khattab dan Ali Bin Abi Thalib?

Yak becul!

Uwais berbakti pada orang tua.

masyaAllah.

***

ada beberapa kisah yang diceritakan oleh Ustad Khalid yang bikin mbrebes mili banget..
sampai pada kutipan:
kita tidak pernah bisa memilih dilahirkan dari orang tua yang seperti apa, tapi kita wajib berbakti pada keduanya. selama keduanya masih hidup, maka dua pintu surga masih terbuka lebar..


Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trying To Conceive (TTC) Journey ; Hai Polyps!

Vacation ; Well spent

Menjadi aku