dear past #3

SMP 7 memberikanku banyak rasa, banyak pengalaman, banyak pembelajaran. aku bersyukur sekali bisa kenal dengan teman-teman masa itu.. Silmi, Rahma, Santi, Cici, Dias, Ekky, Lia, dll.. kelas 2A dan 3A yang tak terlupakan. haha bahkan cinta monyet.. haha aku belajar menyadari bahwa aku ternyata perempuan yang bisa suka sama laki-laki. haha malu ah bahasnya. pokoknya aku bnar-benar belajar.. termasuk belajar meredam rasa tertekan dari keluarga, tertekan karena aku merasa tak bisa membuat bangga orangtuaku dengan sekolah di sekolah yang tak bergengsi. tertekan karena aku tak bisa seperti kakak-kakakku..

tapi dari situlah aku mengukir sejarahku.

cita-cita mulai kupasang. oke, baiklah jalanku saat SMP memnag tak mulus, untuk masuk SMP ngeri saja haru pontang panting pindah-pindah mulu. hihihi. selanjutnya SMA tak boleh begini. joss!

***

masa SMP berakhir. aku merasa sudah mmengerjakan UAN dengan baik walaupun keadaan badanku sedang tak stabil kala itu. aku ingat sekali badanku nggreges (bahasa indonesianya aku udah lupa), tapi aku yakin bisa mengerjakan kok. daaaaaaan hasilnyaa.. tak jauh beda dengan nem saat aku SD, super pas-pasan. HAHAHA. 88,0. entah kala itu perhitungannya gimana, pkoknya nemku segituuu. rata-rtanya sekitar 7,9 juga. haha.

aku sudah pasti terdepak jika mendaftar di SMA kakakku, SMA 3 yang merupakan favorit nomer satu di Kota. akupun mencoba SMAN1, favorit ketiga, tempat kakak pertamaku sekolah. hari demi hari berlalu, perasaan akan didepak menerpakuuu. aku berinisiatif pindah daftar ke SMA 6 yang dekat rumah, dan nem-ku bisa ditambah 2 poin krn masih satu kecamatan. tapi sayang-sayang-si-patokaan.. ibu tak rela.. SMA 6 tak ade bunyinyeee meeennn.. tembus pandang gitu.. antara ada dan tiada.

dan baiklah cita-cita yang dulu pernah kupasang agar masa SMA tak sepelik masa SMP harus aku kubur dalam-dalam-dalam-dalam sekali. aku dinyatakan tidak lulus di SMAN1 Semarang. saat itu aku menangis sejadinya, tepat di depan pengumuman. hancur? sangat! meskipun banyak pelajaran yang kuterima dengan pindah-pindah dulu.. tapi Allah, tak bisakah kau kabulkan citaku,doaku? aku tak pernah mencurangimu.. aku selalu jadi anak baik Allah.. kenapa kau tak kasian padaku? apa doaku kurang ya Allah? *pertanyaan-pertanyaan itu super sangat bersliweran di dadaku, imanku gonjang-ganjing*

perbedaan kasih dari keluarga besar padaku pun mulai terlihat. sepertinya seluruh dunia sudah tau bahwa aku adalah anak paling bodoh di keluarga. anak paling tidak bisa membuat orang tua bangga. anak paling, paling tidak bergengsi lah pokoknya.
***

keputusan bapak ibu pun mantap, di hari yang sama dengan pengumuman, semua data administrasi pendaftaranku diboyong ke Balikpapan. ternyata pendaftaran di Balikpapan belum ditutup kawankawan! aku udah ga bersemangat sama sekali dan merasa berdosa dulu pernah membuat keputusan sendiri. perasaanku campur aduk, tapi bumbunya tak ada bahagia, sama sekali tak ada. hanya campuran sedih, sesal kesal,benci, jengkel,dll. hehehe. 

pendaftaran di Balikpapan baru ditutup seminggu setelah pengumumanku di Semarang. alhamdulillah aku diterima di SMAN 1 Balikpapan. bertemu dengan teman-teman lama saat SMP dulu. hari baru, teman baru, budaya baru lagi. ditertawakan lagi. sendirian lagi. 

tapi tiga tahun berlangsung sangat cepaaaaaaaaaaaaat. masa SMA jadi masa super tak terlupakan. aku bener-bener bertemu orang luar biasa dengan kisah hidup yang heroik bin mengezutkan. Tapiii.. masih seperti saat SMP, secara penampilan aku sungguh tak menarik.. jadi jangan harap ada kisah cinta bagai Galih dan Ratna atau Cinta dan Rangga ya. aku termasuk siswa cupu, tapi tak membatasi gerakku untuk bergaul. intinya aku cupu tapi bukan berarti aku kurang pergaulan, karena aku sukaaaaaaaa banget berteman. urusan cinta-cintaan? hoalah.. itu sih ada, tapi ya gitu, setingkat diatas monyet gitu deh... orang utan gitu kali ya. haha itu gausa dibahas juga, malu kalee. pokoknya aku belajar banyak dari kejadian barang itu kejadian  cinta orang utan.

***

kalo dijabarkan secara komprehensif dan holistik, jelas masa SMA bisa aku bikin jadi novel trilogy. ah mungkin lebih. ngalahin novel heri poterlah!

tapi yang ingin aku tekankan di sini.. selagi SMA ini, meski imanku digonjang-ganjing di awal.. tapi aku tetep berpegang. sudahlah, aku tak punya kendali apapun. aku juga tak bisa mengutuki ini terus-terusan. Allah tidak akan menyia-nyiakanku. kalaulah Allah tak bisa membuatku untuk membuat bangga orangtuaku. ya sudah, mungkin dengan aku jadi anak baik dan masuk surga, aku bisa jadi pemberat kebaikan orangtuaku kelak.

selama SMA, aku memang bukan anak mesjid.. dulu pernah sih kelas 1 daftar.. buat pertahanan diri gitu (itu mah karate odong), tapi dunia membuatku lalaii~ hihi.. tapi aku ga pernah bolong solat.. aku juga rajin tahajud (maapkan jika terkesan sombong, tp bukan itu maksudku, hapus aja kata-katanya jika ga berkenan dibaca).

yang jelas, aku selalu berusaha jadi anak baik. meskipun kebaikan itu bisa jadi kebaikan yang beda paham. tapi aku selalu berusaha jadi anak baik. ngga macem-macem.. paling macem-macem adalah aku selalu pulang larut karena sampe sore di sekolah nontonin futsal, basket ato cirlider latian bareng temen-temen.. itu juga karena males di rumah sendirian. Bapakku biasa pergi kerja ke Malinau, Berau,dll dan bisa seminggu lebih gitu, jadi aku lebih sering sendirian di rumah.

ah dan begitulah.. waktu demi waktu berlalu..~ tekadku kuat untuk selanjutnya bisa sekolah di sekolah bergengsi harapan orang tua.. yakni.. jeng jeng UGM!

TO BE CONTINUED~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trying To Conceive (TTC) Journey ; Hai Polyps!

Menjadi aku

Membawa Pertanyaan-pertanyaan yang tak memiliki jawaban